Melamin dan Formalin

Beberapa waktu yang lalu masyarakat ribut soal peralatan rumah tangga yang terbuat dari melamin. hal ini terkait dengan dugaan terdapatnya kandungan zat formalin didalam perangkat rumah tangga tersebut. Nah begitu dengar kata formalin…wow serem ya…karena formalin itu satu zat yang sangat berbahaya.

Sekarang kita tilik sedikit mengenai apa itu formalin,
Formalin adalah sebuah merek dagang, nama sebenarnya dari zat ini adalah formaldehida. Senyawa kimia formaldehida (juga disebut metanal), merupakan aldehida berbentuknya gas dengan rumus kimia H2CO. Formaldehida awalnya disintesis oleh kimiawan Rusia Aleksandr Butlerov tahun 1859, tapi diidentifikasi oleh Hoffman tahun 1867.

Baca..baca dan saya baca lagi ternyata zat ini sangat berbahaya. Karena bahan ini banyak dipakai sebagai pengawet atau desinfektan. Berikut daftar kegunaan formalin yang sebenarnya :

  • Pengawet mayat
  • Pembasmi lalat dan serangga pengganggu lainnya.
  • Bahan pembuatan sutra sintetis, zat pewarna, cermin, kaca
  • Pengeras lapisan gelatin dan kertas dalam dunia Fotografi.
  • Bahan pembuatan pupuk dalam bentuk urea.
  • Bahan untuk pembuatan produk parfum.
  • Bahan pengawet produk kosmetika dan pengeras kuku.
  • Pencegah korosi untuk sumur minyak
  • Dalam konsentrasi yang sangat kecil (kurang dari 1%), Formalin digunakan sebagai pengawet untuk berbagai barang konsumen seperti pembersih barang rumah tangga, cairan pencuci piring, pelembut kulit, perawatan sepatu, shampoo mobil, lilin, dan pembersih karpet.

Ternyata tidak ada yang untuk makanan ya…tapi dunia tetaplah dunia, manusia juga manusia. Ga heran kalau ada beberapa pihak yang menyalahgunakan kegunaan formalin ini untuk hal-hal lain yang bisa membahayakan manusia. Contoh penggunaan formalin yang salah :

  • Ikan segar : Ikan basah yang warnanya putih bersih, kenyal, insangnya berwarna merah tua (bukan merah segar), awet sampai beberapa hari dan tidak mudah busuk.
  • Ayam potong : Ayam yang sudah dipotong berwarna putih bersih, awet dan tidak mudah busuk.
  • Mie basah : Mie basah yang awet sampai beberapa hari dan tidak mudah basi dibandingkan dengan yang tidak mengandung formalin.
  • Tahu : Tahu yang bentuknya sangat bagus, kenyal, tidak mudah hancur, awet beberapa hari dan tidak mudah basi.

Pengaruhnya terhadap badan selain menimbulkan iritasi kepala dan membran mukosa, yang menyebabkan keluarnya air mata, pusing, teggorokan serasa terbakar, serta kegerahan. Bahkan paling parahnya bisa menyebabkan kematian. Uuuuu seremmm…

Eh ada lagi ada lagi, sekarang zat tersebut terkandung dalam peralatan rumah tangga yang disebut melamin. Biasanya ibu-ibu nih yang suka beli peralatan rumah tangga ini. Terutama yang punya anak kecil, karena peralatan ini tidak mudah pecah sehingga aman untuk anak-anak mereka. Ups…jangan salah ya kawan, memang sih tidak mudah pecah tapi kalau mengandung formalin dan formalin tersebut terurai…o oooo..ooo bisa membahayakan kesehatan juga loh.

Berdasarkan surat peringatan/Public Warning yang dikeluarkan oleh BPOM pada tanggal 1 Juni 2009. Di nyatakan bahwa perangkat makanan yang mengandung melamin bisa membahayakan kesehatan apabila digunakan untuk mewadahi makanan berair atau berasa asam, terlebih lagi dalam keadaan panas. Mmmm musti hati-hati nih…

Ini saya attach Public Warning dari BPOM, karena disana di berikan beberapa contoh melamin yang berbahaya. Jadi hati-hati yaa…memilih makanan, memilih peralatan rumah tangga. Gunakan yang aman bagi keluarga Anda.

Public Warning BPOM – Melamin

-Wasalam-Dewi-

One Response

  1. Info tambahan :
    – Formalin Pada Ikan (Ikan berformalin dan tidak berformalin)
    – Ciri – Ciri Ikan Berformalin

    http://pobersonaibaho.wordpress.com/2011/05/30/formalin-pada-ikan-ikan-berformalin-dan-tidak-berformalin-ciri-ciri-ikan-berformalin/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: