Jam Belajar

Kalau ada yang mendengar istilah jam malam mungkin sudah biasa ya… apalagi yang namanya jam malam di daerah yang sedang dalam keadaan siaga militer, sudah barang tentu istilah ini tidak asing lagi.
Tapi ketika kita mendengar istilah JAM BELAJAR…????
mmm…kira-kira apa sih yang ada dalam pikiran kita..??

Mungkin yang paling sering kita dengar istilah jam belajar itu disekolah ya…di pusat-pusat pendidikan…he he he kalau itu sih sudah tidak aneh lagi. Jam Belajar jam 7 .00 s.d 14.00 .
Kalau yang ini beda loh temen-temen….
Awalnya saya tidak begitu memperhatikan tulisan apa yang tertera pada sebuah spanduk yang terbentang di dinding sebuah pos kamling. Daerah ini tidak jauh dari tempat tinggal saya, daerah ini kadang saya lewati sebagai jalur alternatif ketika jalur menuju cililitan macet.

Well…Coba disimak dulu baik-baik gambarnya😀

Ini merupakan salah satu langkah yang sangat baik yang diterapkan oleh RW setempat. Jadi khusus untuk RW tersebut kepada semua anak-anak usia sekolah (SD, SMP, SMA/SMK) tidak diperkenankan kelaur rumah pada jam yang masuk kedalam waktu Jam Belajar.

Menurut saya ini merupakan himbauan yang sangat baik kepada warga setempat untuk mendisiplinkan anak-anak mereka agar tidak keluar rumah. Jadi semua anak-anak ada didalam rumah pada jam dan waktu telah ditentukan. Kita tidak akan melihat anak-anak berkeliaran di luar rumah pada Jam Belajar.

Saya sendiri belum tau apa sanksi yang akan diberikan kepada anak-anak yang tidak mematuhinya, berhubung saya bukan warga disitu dan saya juga belum sempat berbicara dengan warga disitu, jadi informasi yang saya dapat baru sebatas ini saja.

Ini bisa dijadikan contoh yang baik yang bisa diterapkan di lingkungan teman-teman sekalian…
Dan ini juga cara yang efektik menurut saya untuk menggiring / menuntun anak-anak agar tau waktu dan disiplin. Sehingga waktu yang mereka punya juga berguna.  Orang tua juga bisa lebih fokus mendidik anak dirumah pada Jam Belajar.
Selebihnya diluar Jam Belajar silahkan anak-anak bisa bebas bermain. Tapi tidak juga bermain pada jam tidur ya…😀

Yuk…coba kita terapkan dilingkungan kita. mm Minimal lingkungan keluarga dulu deh….😀
Karena semua itu dimulai dari kelaurga, kalau keluarga kita baik, kita bisa menjadi contoh untuk keluarga yang lain dan bahkan bisa mensosialisasikan cara-cara terbaik kita dalam mendidik keluarga kita.

Wassalam,

-Dewi-

Leave a Reply

